Kamis, 09 Agustus 2018

HARI SUSU NUSANTARA: AYO JADIKAN MINUM SUSU MENJADI KEBIASAAN SEHARI-HARI

Sewaktu anak semata wayang kami Alif masih kecil, kunjungan ke dokter anak menjadi kegiatan rutinitas kami. Bahkan rutinitas tersebut bukan hanya setiap bulan, namun hingga dua minggu sekali kami harus membawa Alif ke dokter anak. Padahal makan sudah berusaha kami penuhi sebaik mungkin dengan gizi yang cukup menurut kami. Olah raga juga dilakukan Alif hampir setiap sore, bermain bola dengan teman-temannya sebaya. Sampai-sampai karena kunjungan rutin tersebut membuat pos pengeluaran kami membengkak. Kalau tiap dua minggu ke dokter anak, bisa dibayangkan biaya dokternya. Belum lagi obat-obatannya, waktu yang tersita, serta yang terburuk konsentrasi belajar Alif menjadi rendah karena tidak sehat.


Sampai suatu ketika Alif kami belikan susu kambing yang sudah dalam bentuk kemasan. Alhamdulillah semenjak kami minumkan susu kambing tersebut setiap pagi dan sore hari, kondisi kesehatan Alif semakin membaik. Alhasil kunjungan rutin ke dokter pun sudah tidak kami lakukan lagi. Sesuatu yang tidak saya sadari sebelumnya tentang bermanfaatnya susu kambing bagi kesehatan. Padahal saya sendiri pernah meminum susu kambing yang sudah di Pasteurisasi, dan jujur stamina saya terjaga, cukup satu gelas kecil tiap minggu. Apa yang saya rasakan adalah meskipun baru minum segelas susu kambing, badan rasanya bugar, enak dibuat kerja.

Sebetulnya Alif sudah kami berikan susu secara rutin, mulai dari susu sapi segar yang banyak berada di daerah kami, hingga susu kemasan. Apalagi kami tinggal di Boyolali yang terkenal dengan produk susunya hingga memiliki ikon “Sapi Ndhekem”, mudah bagi kami memperoleh susu sapi segar. Namun barangkali yang cocok untuk dikonsumsi oleh anak kami adalah susu kambing.

Lalu bagaimana susu kambing bisa menjadi susu yang cocok bagi kesehatan Alif. Apa kelebihan susu kambing bila dibanding dengan susu yang lain?


Semua susu pada dasarnya baik untuk kesehatan kita, hanya saja masing-masing tubuh kita belum tentu bisa menerima susu tertentu. Sebetulnya Alif mengkonsumsi susu sapi pun tidak bermasalah. Hanya saja untuk perbaikan kesehatan Alif kebetulan susu kambing lebih cocok. Barangkali pencernaan anak kami kurang bisa menerima susu selain susu kambing. Sifat probiotik dalam susu kambing rupanya mendorong sistem pencernaan berkembang dengan baik.

Rupanya tidak hanya Alif yang merasakan kebaikan susu kambing, seorang ibu di Nigeria yang mendapat bantuan dua ekor kambing betina dari UNICEF juga merasakan hal yang sama untuk anak-anaknya.

"Lihatlah anak-anak saya, mereka sehat, dan mereka bahagia," kata Safiatou, seorang ibu di desa Safo Nassarawa, Maradi, Nigeria. “Saya diberi dua ekor kambing betina, karena pada saat itu, anak-anak saya kurang gizi. Susu kambing baik untuk anak-anak saya, dan itu gratis. ”



Ayo jadikan minum susu menjadi kebiasaan kita sehari-hari.

#harisusunusantara
#harisusu
#harisusunasional
#harisususedunia
#susukambing
#susukambingetawa

Sumber pustaka:
liputan6."6 Khasiat Minum Susu Kambing". 8 Agustus 2018. https://www.liputan6.com/health/read/526356/6-khasiat-minum-susu-kambing.
Page, Kent dan Li, Kun."Goats for Niger villages help families cope with crisis". 9 Agustus 2018. https://www.unicef.org/nutrition/niger_ 27917.html.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar